Gotong-royong Bersih-bersih Sungai dalam Rangka Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia


Desa Balida - Dalam Rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup, Balangan Coal Group bersama Masyarakat Desa Balida melaksanakan kegiatan pembersihan sepanjang aliran sungai di Nungkaran di Perbatasan Balida dan Murung Ilung, Sabtu (10/6/2023).

Kegiatan bersih-bersih sungai ini diikuti oleh hampir 200 orang peserta yang terdiri dari karyawan Balangan Coal Group, Mitra kerja dan masyarakat Desa Balida seperti Linmas Desa, Karang Taruna serta swadaya masyarakat.

Ada pun selama kegiatan berlangsung total sampah yang di bersihkan mencapai 730 Kg. Setiap sampah yang di ambil sebelum masuk ke dalam truk terlebih dahulu di timbang.

Disela kegiatan, Kepala Teknik Tambang (KTT) PT Laskar Semesta Alam Mahendro mengatakan, kegiatan semacam ini rutin pihaknya laksanakan tiap tahunnya dengan fokus yang berbeda.

"Di tahun ini fokus kita pada polusi sampah plastik sepanjang aliran sungai, serta mencari solusi pada limbah sampah plastik untuk menjaga lingkungan lebih baik dan bermanfaat untuk masyarakat," katanya.

Dipilihnya pembersihan aliran sungai Desa Balida ini karena sungai ini langsung mengalir ke sungai besar Balangan. Selain itu kedepan aliran sungai ini berpotensi untuk dijadikan objek wisata.

"Makanya kita lakukan kegiatannya disini sembari melakukan sosialisasi aktif oleh perusahaan ke masyarakat agar tidak membuang sampah disepanjang aliran sungai supaya dapat digunakan untuk aktivitas seperti mandi dan mencuci," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Desa Balida Sahridin mengatakan, kegiatan kali ini wujud kerjasama masyarakat Balida dan Balangan Coal group dalam menjaga lingkungan.

"Dalam kesempatan ini saya juga mengajak masyarakat untuk menjaga sungai dari limbah plastik dan lainnya, agar air sungai tersebut bisa di gunakan dan bermanfaat untuk masyarakat luas," tegasnya.

Kegiatan bersih-bersih sungai ini sangat antusias di ikuti peserta terutama mayarakat yang ikut serta seperti Satlinmas Desa, Karang Taruna, Forum Anak Desa dan juga di dampingi oleh Bhabinkamtibmas dari Polsek Paringin juga Babinsa dari Koramil Paringin. 

 

Komentar

Postingan Populer