Gerakan Penanaman Pohon Serentak Di Desa Dalam Rangka Hari Desa Asri Nusantara di Desa Balida Kecamatan Paringin, Balangan


 

Desa Balida - Dalam rangka Hari Desa Asri Nusantara, Pemerintah Desa Balida melaksanakan kegiatan Penanaman pohon secara serentak pada tanggal 20 Maret 2023 bertempat di Area Wisata Racah Mampulang Desa Balida. Adapun jenis pohon yang ditanam adalah pohon Alpokat, Jambu, Jengkul, Sirsak dan lain-lain yaitu sebanyak sebanyak 100 pohon. Tujuan penanaman pohon adalah untuk mengurangi polusi udara, mencegah tanah longsor, menjaga populasi makhluk hidup, mencegah banjir. Penanaman pohon tidak hanya dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, tetapi juga dapat membantu kelestarian lingkungan. 


Sebagai informasi, Hari Desa Asri Nusantara adalah hari yang ditetapkan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi untuk mengingatkan kepada masyarakat tentang pentingnya lingkungan desa yang ASRI (Aman, Sehat, Rindang, Indah). Untuk menuju desa ASRI, dilakukan upaya menjaga kelestarian alam, terutama pepohonan, yang memiliki banyak fungsi diantaranya fungsi klimatologi, fungsi hidrologis, fungsi ekologi, dan fungsi erologis.

Gerakan menanam pohon ini diharapkan dapat menjadi momentum bagi masyarakat desa untuk memperhatikan lingkungan sekitar dan menjaga keasriannya, serta menjadi langkah konkret desa demi mewujudkan dunia yang lebih baik dan berkelanjutan. Gerakan penanaman pohon ini dilakukan dengan target sebanyak 8 juta pohon di seluruh Indonesia.

Keberhasilan kegiatan ini akan dapat dilihat dalam jangka panjang ketika pohon yang ditanam, terus dirawat dan tumbuh untuk masa depan yang hijau dan asri. Melalui gerakan penanaman pohon, diharapkan desa dapat mengambil kontribusi dalam menghijaukan dunia.








 

 

Komentar

Postingan Populer