Pergelaran Pasar Budaya Racah Mampulang di Bulan November 2022

Desa Balida - Destinasi wisata Pasar Budaya Racah Mampulang Desa Balida Kecamatan Paringin Kabupaten Balangan Minggu (20/11) pagi terlihat lebih meriah dibanding hari sebelumnya.

Penampilan memukau dari Sanggar Seni Balida Satria yang menyuguhkan Tarian bertajuk Galuh Baegal (perempuan Banjar menari) menyedot perhatian pengunjung di Wisata Racah Mampulang.

Kemeriahan juga tampak di pintu gerbang saat pemuda dengan kostum kulit kayu khas Dayak memamerkan atraksi menyemburkan api menggunakan bubuk damar di hadapan pengunjung.

Selain beratraksi pemuda yang didampingi pemudi asal Desa Balida juga bertugas menyambut kedatangan para pengunjung.

"Kami ingin melestarikan sekaligus mempromosikan kesenian tradisional melalui pergelaran pasar budaya racah mampulang ini," ungkap Kepala Desa Balida Sahridin.

Di Desa Balida kebetulan ada tujuh grup kesenian traisional yang aktif di bawah naunangan Sanggar Seni Balida Satria yang beralamat di Desa Balida. Ketujuh kesenian tersebut biasa tampil baik di dalam maupun hingga ke luar Kabupaten Balangan diantaranya wayang gong, tari baksa, kuda gepang, musik panting, wayang kulit, madihin dan kuntau.

Sahridin mengatakan sanggar seni yang ada juga pernah menerima sejumlah penghargaan dan prestasi di berbagai pentas seni.

Menggunakan koin racah sebagai alat transaksi berbelanja pengunjung bisa menikmati aneka kuliner khas Banjar yang tersedia dengan harga terjangkau.
 
Pergelaran pasar budaya racah mampulang di selenggarakan satu kali setiap bulan ungkap Sahridin cukup ampuh meningkatkan jumlah pengunjung yang datang ke Desa Balida yang menjadi binaan PT Adaro Indonesia.

Dengan tiket masuk yg murah hanya Rp.5.000, pengunjung yang datang tidak hanya dari Balangan tetapi juga banyak berdatangan dari luar Balangan.

"Pengunjung lebih banyak datang jika ada pertunjukan kesenian yang di tampilkan saat pergelaran pasar budaya racah mampulang. Setiap pengunjung  sebelum masuk, mereka harus menukarkan uang terlebih dahulu dengan koin racah dimana 1 koinnya senilai yang persegi Rp1.000 dan yang bundar Rp5.000 untuk bertransaksi" ungkapnya.
















 

Komentar