Program BRI Menanam, BRI Kantor Cabang Paringin Distribusikan 1000 Bibit Buah di Desa BRILian Desa Balida dan Desa Dahai

 


 

Desa Balida - Sebagai wujud kolaborasi antara BRI dengan entitas masyarakat untuk menerapkan aspek-aspek ekonomi, sosial dan lingkungan, BRI Kanca (Kantor Cabang) Amuntai menggelar kegiatan BRI Menanam di Desa BRILian atau Desa Binaan BRI, Rabu (24/8/2022).

Program BRI Menanam, BRI Kanca Amuntai Unit Paringin ini diikuti oleh dua Desa BRILian di bawah unit binaan BRI Unit Paringin di Desa Balida dan Desa Dahai Kecamatan Paringin.

Pemimpin Cabang BRI Kanca (Kantor Cabang) Paringin, Andri Setiawan mengatakan BRI Menanam merupakan upaya perseroan dalam melaksanakan salah satu inisiatif enviromental social governance (ESG) yaitu program absorbsi emisi karbon di aspek lingkungan dan pengembangan komunitas di aspek sosial.


" Dengan Program BRI Menanam diharapkan menjadi program penggerak ekonomi lokal sebagai wujud kolaborasi antara BRI dengan entitas masyarakat untuk menerapkan aspek-aspek ekonomi, sosial dan lingkungan, " jelas Andri Setiawan.

Menurutnya, BRI Kanca Amuntai turut ambil bagian dalam mensukseskan program BRI Menanam tersebut. Secara seremonial telah dilaksanakan penyerahan dan penanaman bibit tanaman produktif oleh Pemimpin Cabang BRI Kanca Amuntai, Andri Setiawan di dampingi Pimpinan BRI Unit Paringin Riswandi bersama Kepala Desa BRILian,  Desa Balida Sahridin dan aparatur desa lainnya. Juga di dampingi Camat Paringin, Kapolsek Paringin, Babinsa, dan Bhabinkabtibmas di Wisata Pasar Budaya Racah Mampulang Desa Balida, Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan pada Rabu (24/8/2022).

Ada sekitar 1000 bibit buah produktif yang di distribusikan di Desa BRILian tersebut. Di antaranya 200 bibit buah mangga gadung, 200 bibit alpukat mentega, 200 bibit buah alpukat aligator, 200 bibit buah duren, 200 jengkol dan bibit-bibit tersebut masing-masing desa mendapatkan 500 bibit buah.

Bibit-bibit tersebut juga dibagikan kepada para nasabah BRI, seperti nasabah KUR BRI Unit Eksisting dan nasabah KUR BRI Unit New. Ratusan bibit itu akan ditanam di lahan, bahu jalan, pekarangan, hingga halaman rumah nasabah.


Lebih lanjut dia katakan, Program BRI Menanam ini tidak hanya dapat melestarikan lingkungan, namun juga sebagai wujud komitmen pemberdayaan kepada masyarakat untuk menggerakan perekonomian lokal.

Sedangkan untuk mendukung kesuksesan program ini, jenis bibit yang ditanam di masing - masing desa sudah sesuai dengan aspirasi masyarakat dan juga menyesuaikan jenis lahan. Sehingga bibit yang ditanam tidak hanya bermanfaat untuk lingkungan tetapi juga mampu mewujudkan kemandirian pangan, bahkan diharapkan dapat menjadi salah satu produk unggulan desa.

" Sehingga bibit yang ditanam tidak hanya bermanfaat untuk lingkungan, tetapi juga mampu mewujudkan kemandirian pangan. Diharapkan dapat menjadi salah satu produk unggulan desa sehingga bisa menjadi salah satu sumber pendukung pertumbuhan ekonomi desa," jelas Andri Setiawan.


Untuk diketahui, program BRI Menanam merupakan inisiatif BRI untuk berkontribusi menciptakan kondisi lingkungan dan sosial yang lebih baik. Khusus gerakan BRI Menanam yang dilaksanakan di Desa BRILian atau Desa Binaan BRI, melibatkan seluruh stakeholders desa dan nasabah BRI.

BRI Menanam merupakan wujud nyata dan upaya berkelanjutan BRI dalam merealisasikan prinsip ESG serta mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) Indonesia di tahun 2030, sebagaimana ditetapkan dalam Peraturan Presiden No. 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan pada tanggal 4 Juli 2017. (Mr.AdminKIM).










Komentar

Postingan Populer