Puluhan Mahasiswa dari Australia Berkunjung ke Wisata Pasar Budaya Racah Mampualang Desa Balida, Balangan Kalsel


 
Balida - Dalam acara pergelaran seni tradisi oleh Sanggar Seni Balida Satria di Wisata Pasar Budaya Racah Mampulang Desa Balida Kecamatan Paringin Kabupaten Balangan kedatangan mahasiswa dari Australia. Kamis (14/7/2022).
 
Kedatangan sebanyak 20 mahasiswa dan dua profesor dari Australia, serta puluhan dari Unlam Banjarmasin di sambut antusias warga Balangan, yang ingin melihat dan ingin berswafoto bersama.
Mahasiswa asal Australia. Pengunjung yang hadir juga di suguhkan berbagai pertunjukan dari Sanggar Seni Balida Satria seperti tarian, madihin, kuntau serta kuda gepang.
 
Mahasiswa Australia diajak secara spontan untuk ikut menari bersama, yaitu memainkan kuda gepang dengan di iringi musik gemalan khas banjar dari Sanggar Seni Balida Satria.
 
Kegiatan tersebut juga menjual berbagai kerajinan, serta makanan dan minuman tradisional yang dijual, kepada pengunjung dan wisatawan asing dengan transaksi menggunakan koin yang di sebut dengan racah, satu racah bernilai seribu rupiah, adapun racah terbuat dari kayu yang ada stempelnya untuk transaksi jual belinya.
 
Saat ditemui awak media Penjual kue tradisional Halimah mengatakan, antusias pengunjung kali ini membeludak yang ingin membeli dagangannya.
"Sangat rami pembelinya, walaupun bayarnya menggunakan koin racah yang terbuat dari kayu,"ujarnya.
Ia berharap dengan adanya kedatangan mahasiswa asal Australia tersebut wisata Racah Mampulang bisa lebih rami di kunjungi pengunjung.
 
Kesempatan berbeda Kepala Desa Balida Saridin menyebut, kedatangan tamu kali ini adalah Mahasiswa Unlam Banjarmasin sekaligus membawa mahasiswa dari Australia yang di support oleh PT. Adaro Indonesia.
"Dengan adanya kunjungan seperti ini kita harapkan bisa mempromosikan wisata kami, keranah lebih luas baik itu di Provinsi, maupun mancanegara,"sebutnya.
Ia juga meminta masukan agar bisa mengembangkan wisata pasar budaya Racah Mampulang agar lebih dinikmati oleh wisatawan asing. Selain itu Sahridin berharap agar Pemerintah Daerah juga lebih gencar mensupport Wisata Racah Mampulang, seperti kalau adanya tamu daerah supaya di arahkan berkunjung ke wisata desa balida. (Adm)






















Komentar

Postingan Populer