Petani Desa Balida Persiapkan Diri Sambut Musim Tanam


 

Desa Balida - Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Paringin mengadakan penyuluhan pendahuluan di 11 Kelompok Tani di Desa Balida Kecamatan Paringin untuk menyambut musim tanam (MT ). Rabu, (17/11/2021). 

Penyuluhan melibatkan Pemerintah Desa Balida, BPD, Ketua RT serta kelompok tani setempat. Seluruh kelompok tani yang ada di desa diundang untuk mengikuti penyuluhan yang digelar. Penyuluhan pendahuluan dilaksanakan dalam rangka menyambut tanam perdana bersama Dinas Pertanian yang direncanakan dihadiri Bupati Balangan. Kegiatan ini juga bermaksud memberikan bekal kepada petani guna mempersiapkan budidayanya dengan cara yang baik.


Materi Penyuluhan disampaikan oleh tim BPP Paringin yang terdiri dari penyuluh pertanian (PPL) dan petugas pengamat OPT (POPT). Tim menyampaikan program-program pemerintah dari Dinas Pertanian Kabupaten Balangan yang ditujukan kepada kelompok tani Sinar Mulia, Kelompok Tani Sinar Harapan, Kelompok Tani Sumber Rejeki dan kelompoktani lainnya serta mulai diwajibkannya pembelian pupuk bersubsidi menggunakan kartu tani pada Masa Tanam nanti.

Penyuluhan pertanian adalah suatu sistem pendidikan di luar sekolah yang dikhususkan pada kelompok tani untuk memberikan arahan dan dorongan kepada petani agar lebih peka, dapat menerima serta dapat menggunakan teknologi untuk menambah kesejahteraan mereka. Tujuannya adalah untuk menambah wawasan pertanian dan memberi solusi atas masalah-masalah yang sering terjadi di lapangan.


 

Komentar

Postingan Populer