Pelatihan Tari Tradisional di Desa Balida Kecamatan Paringin Kabupaten Balangan

 


Warga Desa Balida terus bergiat melakukan pembenahan menyambut ditetapkannya desa mereka sebagai desa wisata. Selain mempersiapkan infrastruktur fisik di lokasi wisata, warga desa juga aktif berlatih tari-tarian tradisional sebagai atraksi budaya yang nanti ditampilkan ke wisatawan.


Balida adalah Desa yang terletak sangat dekat dengan pusat kota kabupaten yang cuma berjarak hanya tiga kilometer. Desa Balida juga dinilai sangat menarik karena wisatanya terdapat jembatan bambu dipersawahan menjadikan pemandangan eksotis.

Pada 18 November 2021, Pimpinan Sanggar Seni Balida Satria yang dipimpin oleh Sahridin yang juga sekaligus Kepala Desa saling bersinergi dengan Program Pemajuan Kebudayaan Desa dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang di jalankan oleh Daya Desa dan Daya Warga, pelatihan ini adalah salah satu upaya pelestarian Budaya. Karena Kebudayaan adalah bagian dari peradaban banjar.

Tarian yang akan diterapkan dalam pelatihan adalah tarian baksa, adapun tarian baksa nanti terbagi beberapa tarian seperti tarian baksa kembang, baksa tameng, baksa panah, baksa dadap.

Peserta saat pelatihan hari pertama sangat antusias mengikuti pelatihannya, ini terlihat dari semangat kedatangan peserta saat waktu acara pembukaan pelatihan tari tersebut.

Pembukaan pelatihan tari langsung di buka oleh Kepala Desa Sahridin. Beliu menyampaikan dalam sambutannya, bahwa seni tari sangat perlu dikembangkan dalam mewujudkan desa wisata, karena wisata tidak akan terlepas dari seni tari.






Komentar

Postingan Populer