Desa Balida Menjadi Rujukan Studi Banding Pemerintah Desa, BPD, serta Lembaga Desa Karang Intan

 

Desa Balida - Dalam rangka peningkatan Kapasitas pemerintah Desa Karang Intan, Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar, Kepala Desa beserta Perangkat Desa, BPD serta Lembaga Desa lainnya, melakukan kunjungan kerja atau studi banding ke Desa Balida, Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan.

Tujuan kunjungan ini adalah dalam rangka studi banding, dan ingin mendapatkan tambahan ilmu serta pengalaman, dari Desa Balida dalam tata kelola administrasi dan perencanaan pembuatan wisata di desa, karena Desa Balida merupakan desa yang berhasil menciptakan wisata kreatif ramah lingkungan di Kabupaten Balangan dan satu-satunya wisata persawahan di Provinsi Kalimantan Selatan.

.................., Kepala Desa Karang Intan menyampaikan, tujuan dilakukannya kunjungan silaturahmi atau Study Banding ini, untuk mengetahui tingkat penerapan Rencana kerja pembangunan dalam bidang BUMDES dan Pariwisata.

Di Desa Balida, Kabupaten Balangan terkenal karena pengelolaan Bumdes serta wisata kreatifnya, yaitu Wisata Pasar Budaya Racah Mampulang.

Bertempat di Gazebo Pasar Budaya Racah Mampulang Desa Balida, Sahridin, Kepala Desa Balida memberikan seminar tentang keberhasilannya dalam mengelola Bumdes serta Pengelolaan wisata kreatif. Ekspose kades sahridin, kepada perangkat Desa serta Lembaga Desa Karang Intan, dalam menerapkan sistem pengelolaan Bumdes, serta pariwisata di desa Balida, bahwasanya Desa Balida merupakan salah satu desa yang memiliki potensi seni budaya yaitu memiliki delapan kesenian tradisional yang aktif di sanggar seni Desa Balida. 

Dijelaskan Sahridin, dengan adanya Sanggar Seni yang dikelola merupakan cikal bakal terselenggaranya Pasar Budaya Racah Mampulang.

Kepala Desa Karang Intan, juga menegaskan bahwa perangkat Desa serta Lembaga Desa lainnya di desa karang intan, belajar tentang pengelolaan Bumdes serta Pariwisatanya di Desa Balida yang tentunya belum ada di Desa Karang Intan sehingga kegiatan ini dapat menambah kemajuan desa karang intan.


 



Komentar

Postingan Populer