Pelatihan Budidaya Tanaman Endemik di Wisata Pasar Budaya Racah Mampulang Desa Balida


 


Desa Balida – Pemerintah Desa Balida bekerja sama dengan PT. Adaro Indonesia memberikan pelatihan budidaya tanaman kepada Kelompok dan Komunitas yang ada di Desa Balida, bertempat di Lokasi Pasar Budaya Racah Mampulang, pada Sabtu, 23 Oktober 2021. 

Pelatihan yang diikuti 30  peserta yang terdiri dari POKDARWIS Balida, Sanggar Seni Balida, dan FKH Malingai Balangan. Pelatihan ini merupakan kegiatan program Kampung Iklim di Desa Balida Kecamatan Paringin Kabupaten Balangan. Kegiatan budidaya pohon endemik ini juga merupakan program lanjutan dari program konservasi bambu yang dilaksanakan pada tahun lalu dan merupakan tahapan dalam pengelolaan Taman Wisata Alam (TWA) di Pasar Budaya Racah Mampulang Desa Balida yang mana nantinya menjadi area konservasi dan eduwisata tanaman-tanaman endemik di Desa Balida.


Kepala Desa Balida, Sahridin menjelaskan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendukung program kampung iklim sehingga tanaman endemik agar selalu dapat dikonservasi. “Selain itu,  untuk mendukung terciptanya masyarakat desa penyangga yang dapat melakukan budidaya tanaman obat dan tanaman kehutanan secara mandiri sehingga dapat memperluas populasi tanaman endemik di Desa Balida,” ujarnya.

Sahridin, juga menyampaikan ucapkan terima kasih atas dukungan Komunitas FKH Malingai Balangan dalam pelestarian tanaman endemik di desanya. “Program ini sangat membantu dan tentunya akan bermanfaat untuk masyarakat serta sektor wisata di wilayah Desa Balida,” ujarnya. 








 

Komentar

Postingan Populer