Cegah Covid-19, Mahasiswa PMM UMM Yang KKN di Desa Baliida Bagikan Masker dan Hand Sanitizer


 

Desa Balida - Indonesia sekarang sedang dilanda wabah Covid-19, Pandemi COVID-19 ini mengharuskan masyarakat untuk mengikuti tatanan kehidupan baru yaitu New Normal. Pada era New Normal ini masyarakat diharuskan untuk mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.


 

Hal ini mendorong kita untuk lebih gencar dalam menerapkan langkah pencegahan dasar COVID-19, seperti mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau dengan hand sanitizer, tidak menyentuh wajah dengan tangan yang belum dicuci, menerapkan physical distancing, serta menggunakan masker dalam setiap aktivitas, terutama di tempat umum. yang dapat dilakukan untuk terhindar dari paparan Covid-19, sehingga dapat memutus rantai-rantai penyebarannya.


 

Oleh karena itu, mahasiswa PMM Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Tim 77 Gelombang 12 yang beranggotakan 5 anak ; Lila Andriani, Adya Zulfina, Indah Aprilianti, Mellisa Norhalida dan Nahdiatul Mahfujah, membagikan masker dan juga hand sanitizer spray kepada beberapa warga sekitar Desa Balida. Mereka berinisiatif untuk melakukan kegiatan pembagian masker dan hand sanitizer sebagai bentuk kepedulian kepada sesama untuk memutus rantai-rantai penyebaran Covid-19.


 

Pembagian masker dan hand sanitizer  diberikan kepada beberapa pengunjung Wisata Pasar Budaya Racah Mampulang, beberapa tempat nongkrong dan mendatangi rumah kerumah di beberapa rumah yang terlihat ada warganya di teras..

Sistem pembagiannya sendiri dengan menghampiri para pengunjung wisata dan warga yang berada di rumah  yang tidak menggunakan masker serta memberikan himbauan agar selalu menggunakan masker jika sedang berkegiatan di luar rumah dan selalu menggunakan hand sanitizer saat sebelum atau sesudah menyentuh makanan atau barang . Selain di tempat wisata dan kerumah warga mereka juga membagikan Masker dan hand sanitizer di Masjid Nurul Huda Desa Balida, dimana mereka memberikan kepada pihak pengelola masjid agar bisa diberikan kepada jamaah masjid yang sedang beribadah.

 “harapan dari kegiatan pembagian masker dan handsanitaizer ini adalah warga  yang sedang beraktivitas dan beribadah di luar rumah dapat selalu mematuhi protokol yang ditetapkan pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ucap Lela Andriani selaku ketua PMM UMM Tim 77 gelombang 12.

Kegiatan pembagian masker dan  hand sanitizer ini dibagi menjadi empat tempat. Lokasi pertama yaitu di Lingkungan RT.01, Lingkungan RT.02, Lingkungan Wisata di RT.03 dan dilanjutkan ke lingkungan RT.04, kegiatan pembagian masker dan hand sanitizer oleh kelompok 12 PMM UMM ini disambut baik oleh warga desa balida dan pengunjung wisata.

“semoga dengan adanya kegiatan pembagian masker dan hand sanitizer ini bisa memberikaan manfaat baik dan juga bisa menjadi salah satu cara untuk memutus rantai penularan covid-19“ ucap Nahdiatul Mahfujah yang akrab di panggil Fujah.

Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa atau disingkat PMM merupakan suatu kegiatan penganti KKN (Kuliah Kerja Nyata) yang berada dibawah naungan Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DPPM) Universitas Muhammadiyah Malang. PMM Baktimu Negeri adalah program yang diikuti oleh sejumlah mahasiswa UMM semester 6 dari Fakultas Hukum, Fakultas Kesehatan, Fakultas Ekonomi Bisnis, Fakultas Pertanian dan Fakultas Keguruan Universitas Muhammadiyah Malang yang tergabung di kelompok 77 gelombang 12.

Kegiatan ini diawasi dan dibimbing oleh Dosen Pembimbing. Kelompok mereka membuat platform di beberapa sosial media seperti Instagram yang bisa d akses kapanpun dan dimanapun, semua informasi seputar PMM UMM kelompok 77 akan selalu di update melalui akun Instagram @pmm.desa_balida77.






 

Komentar