Katalog Wisata Racah Mampulang Desa Balida

 

Racah Mampulang berlokasi di Desa Balida Kecamatan Paringin Kabupaten Balangan. Secara resmi racah mampulang telah dibuka pada tanggal 21 Januari 2020 berkat kerjasama antara Pemda Balangan, PT. Adaro Indonesia & BUMDes Desa Balida.

Racah mampulang menggelar pasar budaya setiap bulan sekali tepat nya di hari minggu pada minggu pertama di awal bulan, yang dimulai dari pukul 08.00 WITA s/d pukul 15.00 WITA. Sedangkan tiap tahunnya diadakan festival yaitu Aruh Harung Banua (Festival Buah Lokal) Aruh Karasmin Pahuluan (Pentas seni tradisional) dll. 


 

Pasar Budaya Racah Mampulang mempunyai keunikan yaitu berbelanja di lokasi pasar budaya wajib transaksi jual belinya menggunakan koin yang disebut dengan racah. Tiap koin/racah nilai uangnya adalah Rp.2000,- adapun koin/racah tersebut terbuat dari lempengan kayu yang di kasih stempel bakar dengan logo Pasar Budaya Racah Mampulang.

Pergelaran pasar budaya akan menyajikan berbagai wahana seperti kuliner tradisional. Sambil berbelanja kuliner tradisional pengunjung akan disuguhkan berbagai kesenian tradisional seperti kuntau, musik panting, kuda gepang, wayang gung, tari tradisional, madihin dll.

Selain pertunjukan seni tradisi panitia juga menyediakan peralatan permainan tradisional seperti badako, balogo, bagasing, batungkau dll.

Pada awal tahun 2021 racah mampulang membangun pasilitas wisata baru yaitu wisata jembatan bambu dipersawahan. Jembatan bambu yang dibangun dengan total panjangnya yaitu 350 meter dengan spot poto yang unik dan menarik. Ditengah-tengah juga dibangun menara pandang setinggi 7,5 meter yang gunany untuk memantau seluruh wisata sawah.

Ditengah persawahan juga dibangun los/warung yang bernama warung pahumaan. Warung tersebut menjual berbagai minuman dan sneck tradisional serta menyediakan berbagai produk ulahan UMKM warga Balangan.

Dilokasi Pasar Budaya Racah Mampulang juga terdapat stand yang menjual berbagai produk dari ulahan bahan bambu dan rotan yang disingkat dengan nama Punduk Paring.

Komentar