Wisata Racah Mampulang Juga Cocok untuk Acara Perpisahan Kelulusan Sekolah


 

Desa Balida -Tingkat pendidikan masyarakat Kabupaten Balangan terus ditingkatkan dengan adanya SKB Balangan yang berlokasi di tidak jauh dengan Desa Balida yaitu tepatnya di Kelurahan Paringin Timur Kecamatan Paringin. Tentunya ini tidak hanya mengentaskan anak putus sekolah, tapi juga mendorong masyarakat untuk menambah rentang waktu sekolah melalui Program Kejar Paket A Setara dengan SD, Paket  B setara SMP dan Paket C setara SMA. Tak hanya itu, lulusan Paket C diharapkan juga melanjutkan ke jenjang kuliah. 


 

Acara perpisahan yang di adakan di Wisata Racah Mampulang Desa Balida Kecamatan Paringin Kabupaten Balangan, Kamis ( 17/6/2021).
Menurut Rusdi, S.Pd Selaku Kepala SKB Balangan mengatakan, “Kami senang dengan semangat warga belajar untuk terus menempuh pendidikan. Umur dan kesibukan tidak menjadi penghalang untuk menuntut ilmu. Dulu, pendidikan masyarakat di daerah paringin mulai buta aksara, buta angka dan buta pengetahuan dasar. Sekarang, melalui Kejar Paket A,B dan C kita tingkatkan menjadi lama waktu sekolah, ujar Rusdi, S.Pd selaku Kepala SKB sekaligus panitia acara perpisahan Sekolah Paket C.

Dia juga mendorong para lulusan Paket A, B maupun C untuk terus melanjutkan belajarnya. “Jangan hanya berhenti di sini. Tapi, bisa dilanjutkan ke jenjang lebih atasnya. Yang lulus Paket C, jangan takut untuk melanjutkan ke jenjang kuliah,” harapnya.

Dia mengharapkan kepada para warga belajar bisa melanjutkan ke Universitas Terbuka. Bahkan, sah pemegang ijazah Paket C mendaftar ke kampus-kampus ternama maupun mendaftar kerja yang membutuhkan kualifikasi setara SMA,” terang Rusdi.

Peningkatan jenjang pendidikan tersebut, juga bertujuan untuk meningkatkan Indek Pendidikan Manusia (IPM) Kabupaten Balangan “Untuk mengukur IPM, salah satu indikatornya adalah dengan mengukur lama sekolah. Jadi kami terus mengupayakan hal tersebut,” ungkapnya.

“Pesertanya tidak hanya orang-orang yang membutuhkan ijazah saja untuk kebutuhan profesionalnya. Tapi, tak sedikit para petani dan kalangan pekerja lainnya yang pada umumnya tidak membutuhkan legalitas ijazah. Tapi, mereka semangat untuk menempuh pendidikan,” terang Kepala SKB Balangan.

Harapan kami kedepannya untuk pemerintahan kabupaten Balangan khususnya dinas pendidikan untuk menunjang program yang sudah direncanakan contohnya peningkatan mutu tutor peningkatan mutu warga belajar dan lebih banyak bimtek, Pintanya.

Kepala SKB Balangan sangat berterimakasih kepada pengelola Wisata Racah Mampulang karena difasilitasi tempat yang sangat bagus. Dimana acara dilaksanakan di alam terbuka yang sangat asri di bawah rindangnya pepohonan. 





 

Komentar

Unknown mengatakan…
Semoga taman wisata racah mampulang yg terletak di desa balida kecamatan Paringin dapat terus berkreasi tuk menambah wahana dan sektor rekreasi yg di minati masyarakat Balangan dan bahkan daerah lain shg di kenal di luar daerah , saran ibu lengkapi wahana bermain untuk anak2 usia dini spy menjadi tempat liburan yg menyenangkan untuk seluruh keluarga , terimakasih atas kerjasama nya yg memfalisitasi acara kami , racah mampulang ia the best , terus berkreasi tuk Balangan , good luck