Bumdes Desa Balida Melaksanakan Keterampilan Bambu Kerjasama dengan CSR Adaro


 

Desa Balida - Diawal tahun 2021 Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Balida melaksanakan satu kegiatan dalam pemberdayaan generasi muda berkerjasama dengan CSR Adaro Indonesia yaitu menggelar kegiatan keterampilan bambu, Kamis (14/1/2021) 




Pelatihan keterampilan dilaksanakan digedung sanggar seni desa. Adapun peserta keterampilan adalah dari para kaula muda yang tergabung dalam POKDARWIS Desa Balida. Adapun tujuan peserta dari pokdarwis dikarenakan pokdarwis tersebut yang nantinya terlibat pada saat pergelaran Pasar Budaya Racah Mampulang. Sehingga dalam pergelaran pasar budaya mereka bisa berinovasi memanfaatkan batang bambu menjadi suatu barang yang bernilai jual.



Kegiatan keterampilan bambu ini di fokuskan membuat keterampilan miniatur dan mainan anak-anak, seperti miniatur bangunan rumah, kapal laut dan berbagai mobil-mobilan. Tujuan membuat miniatur tersebut dikarenakan hasil ulahan mereka akan dipamerkan dan dijual di Pasar Budaya Racaha Mampulang. 

Selain kegiatan keterampilan BUMDes Desa Balida juga akan melaksanakan Konservasi bambu. Bekerjasama dengan warga yang mempunyai lahan tidur, nantinya akan dilakukan pelestarian bambu dengan ditanami berbagai macam-macam jenis mambu. Selain nanti sebagai kebun bambu edukasi hasil dari kebun bambu tersebut juga nanti bisa di panen untuk membuat kerajinan dari bambu tersebut. 





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penyuluhan Bahaya Penyalahgunaan NARKOBA Bagi Generasi Muda Untuk Forum Anak Desa, Di Desa Balida

Kantor Desa Tutup, Sejumlah Warga dengan Semangat Mendatangi Kantor Kepala Desa Balida