Penyuluhan Bahaya Penyalahgunaan NARKOBA Bagi Generasi Muda Untuk Forum Anak Desa, Di Desa Balida



 

Desa Balida - Pemerintah Desa Balida, Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, menggelar penyuluhan tentang bahaya penyalahgunaan narkotika di Pasar Budaya Racah Mampulang kerjasama dengan PT. Pamapersada Nusantara, dengan peserta dari Forum Anak Desa (FAD) dan Sanggar Seni Balida Satria, Kamis (3/12).


Kegiatan itu langsung dihadiri oleh Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Balangan, AKBP Katamsi Sad Retna Setiawan. Kepala BNNK tersebut sekaligus beliu mejadi salah satu narasumber dari kegiatan penyuluhan. Selain dari BNNK Balangan turut juga berhadir Anggota POLSEK Paringin Aipda Syaiful Anwar, Brigadir Siregar, Kanit Binmas Saranta, Bhabinkamtibmas Briptu Ahmad Ari Wibowo, Babinsa Koramil Paringin Sertu Misran, Anggota BPD Sulaiman, Kader KB, Kader PKK dan Kepala Desa Balida Sahridin.

"Narkoba adalah musuh kita bersama untuk itu harus dihindari penyalahgunaan narkoba. Jangan sampai generasi di desa terindikasi menggunakan narkoba," kata Kepala Desa Balida, Sahridin, pada sambutan pembukaan kegiatan penyuluhan tersebut.

Sahridin mengajak tokoh agama, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat bersinergi untuk menghindari narkoba. Selain itu, di Desa Balida juga sudah terbentuk Relawan Anti Narkoba. "Untuk anak-anak yang tergabung pada organisasi FAD dan Sanggar Seni hendaknya selalu mempunyai kegiatan positif untuk mengisi waktu luang di sela-sela belajar secara daring dan online," ujar Sahridin.

Kepala BNNK Balangan, AKBP Katamsi sebagai narasumber memaparkan masalah bahaya penyalahgunaan narkoba yang dapat merusak otak dan syaraf manusia. Untuk itu, BNNK Balangan mengajak seluruh masyarakat Desa Balida untuk menghindari narkoba. "Kepada Relawan Anti Narkoba diimbau untuk memberikan peran aktif untuk memberikan informasi apabila mengetahui adanya penyalahgunaan narkoba," ujarnya.

Lebih lanjut Kepala BNNK mengimbau kepada orang tua diminta untuk mendidik anak-anaknya menguatkan ilmu keagamaan maupun hal positif lainnya. Beliu sangat bangga, karna di Desa Balida sudah ada kegiatan positif seperti adanya organisasi Forum Anak Desa dan Sanggar Seni yang secara tidak langsung mengisi waktu guna menghindari penyalahgunaan narkoba. Beliu menyampaikan kepada peserta bahwa pemuda yang keren itu adalah pemuda yang tidak memakai Narkoba. 

Adapun disesi yang kedua, materi yang disampaikan tentang sosialisasi tertib berlalu lintas dan sebagai narasumer dari Kanit Dikyasa Sat Lantas POLRES Balangan, Lutfi Setya Ardi. Tujuan sosialisasi tertib lalulintas pada anak-anak usia sekolah di desa, untuk memberikan wawasan tentang keselamatan lalulintas dan menanamkan jiwa pelopor tertib berlalu lintas di lingkungan anak dan pemuda.

"Karena Lakalantas (kecelakaan lalu lintas) saat ini banyak korbannya berasal dari kalangan pelajar," kata Lutfi.

Adapun materi yang disampaikan saat sosialisasi berupa pengetahuan tentang lalu lintas angkutan di jalan raya. Aturan yang membolehkan usia anak naik motor dijalan raya. Pengetahuan tersebut merupakan dasar agar generasi muda bisa tertib berlalu lintas.

"Pada akhirnya Satlantas Polres Balangan berharap para siswa bisa membantu kepolisian menjadi duta keselamatan dan penyampai berita bagi keluarga dan anggota masyarakat agar tertib berlalulintas," imbau Kanit Dikyasa Sat Lantas.

Sebelum berakhir acara turut juga Binmas Polsek Paringin. Bripka Saranta, memberikan himbauan Kamtibmas kepada warga Desa Balida.

Kanit Binmas melaksanakan kegiatan kepolisian di desa-desa guna menciptakan situasi yg nyaman, damai, aman, dan kondusif menjelang Pilkada serentak bulan 9 Desember 2020 dan serta mengingatkan/sampaikan kembali kepada Warga agar yg tidak pakai masker diharuskan pakai masker dan mentaati Peraturan Protokol Kesehatan untuk Antisipasi Penyebaran Virus Corona (Covid-19) .

“Dimasa New Normal ini masih terjadi penambahan kasus positif covid-19, itu menandakan bahwa kesdaran masyarakat yang saat ini sudah mulai kurang, melihat data yang ada mari bersama sama menjaga diri, lakukan pencegahan dengan patuh pada protokol kesehatan, kata Bripka Saranta.






 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Desa Balida Akan Dicanangkan Menjadi Kampung Tangguh Banua Sebagai Icon Penanganan Covid 19 Dilevel Desa

Kantor Desa Tutup, Sejumlah Warga dengan Semangat Mendatangi Kantor Kepala Desa Balida