Kegiatan Keterampilan Sanggar Seni Balida mengadakan pelatihan pembuatan kain sasirangan


Desa Balida - Sanggar Seni Balida Satria Desa Balida Kecamatan Paringin Kabupaten Balangan mendapatkan pelatihan pembuatan kain sasirangan yang dispot oleh PT Pamapersada Nusantara.


Peserta pelatihan adalah para grup tari dari anggota Sanggar Seni Balida Satria. Selain dari sanggar seni balida pelatihan sasirangan ini juga diikuti oleh Forum Anak Desa (FAD) yang usianya mulai dari tingkat SLTP hingga SLTA.


"Pelatihan kain sasirangan ini mendapat dukungan dari PT Pamapersada Nusantara diikuti 20 peserta anak - anak," jelas Kepala Desa Balida, Sahridin yang sekaligus Ketua Sanggar Seni Balida Satria di Desa Balida.


Kain sasirangan hasil karya peserta pelatihan nantinya akan dimanfaatkan untuk kegiatan sanggar seni balida, seperti latihan rutin di sanggar.

Selama dua hari yaitu dari tanggal 7 s/d 8 Oktober 2020, yang bertempat di gedung sanggarseni balida. Peserta pelatihan mendapatkan keterampilan cara membuat kain sasirangan mulai dari pembuatan motif, belujur benang, hingga pewarnaan.

Salah satu perajin kain sasirangan di Kota Paringin Siti Rohana mengatakan peserta diberikan kebebasan berkreasi membuat pola sendiri dengan tangan serta peserta diberi kesempatan membuat pola motif sendiri sesuai kreatifitas anak-anak dari sanggar tersebut.

"Kita akan mencoba membuat sasirangan milenial dengan harga jual lebih tinggi dibanding sasirangan biasa," jelas Siti Rohana, selaku narasumber yang sudah lima tahun menggeluti usaha pembuatan kain sasirangan.

Salah satu peserta pelatihan Norainah menyampaikan rasa terima kasihnya atas dukungan PT Pamapersada bekerjasama dengan Sanggar Seni Balida sehingga ia bisa mendapat keterampilan membuat kain sasirangan.

"Pelatihan ini jadi pengalaman pertama saya membuat kain sasirangan dan mudahan bisa ditularkan ke kawan - kawan," jelas Noraina, yang juga salah satu penari dari Sanggar Balida Satria. 


 


Komentar

Postingan Populer