Pasar Budaya Racah Mampulang Menjadi Tuan Rumah Kegiatan Aksi Sapta Pesona Dinas Pariwisata Prov Kalsel



Desa Balida – Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Balangan menggelar pelaksanaan Aksi Sapta Pesona di Pasar Budaya Racah Mampulang,Desa Balida, Selasa (15/09).

Kegiatan dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel Saripudin, M.Pd, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Balangan, Ketua Protokol Kesehatan Covid Kab. Balangan, dan Kelompok Sadar wisata (Pokdarwis) se-Kabupaten Balangan dengan diisi pertunjukan seni tradisi oleh Sanggar Seni setempat yaitu Sanggar Seni Balida Satria Balangan.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel Saripudin, M.Pd mengatakan, setelah adanya pandemi corona, semua sektor pariwisata ditutup di Kalsel. Hal ini, mengakibatkan efek yang cukup terasa bagi kehidupan atau kesejahteraan masyarakat.

Dari program Dinas Pariwisata Kalsel, setelah beberapa bulan pariwisata tidak berjalan. Pihaknya melakukan aksi pesona dengan tujuan kembali menghidupkan pariwisata di Kalsel, namun tidak mengurangi Protokol Kesehatan Covid-19.

“Kita tidak menghendaki dengan dibukanya, tempat wisata akan menimbulkan cluster baru pada penyebaran Covid-19 ini. Kami terkesan dengan lokasi acara yang sangat alami dibawah rindang pepohonan, ditambah acara dikemas dengan simolasi pergelaran pasar budaya racah mampulang, pasar yang sangat unik transaksi pakai koin ” ucapnya.

Dirinya berharap, dengan adanya program Aksi Sapta Pesona, geliat perekonomian dapat hidup atau bangkit kembali, karena dampak yang dialami banyak seperti pendapatan daerah berkurang.

“Kami dari Dinas Pariwisata Provinsi melaksanakan Aksi Sapta Pesona di semua Kabupaten/kota se Kalsel, dengan harapan, sektor pariwisata dapat bangkit lagi. Namun, para pengunjung ataupun pemilik dan pengelola selalu mengingatkan pengunjung agar mematuhi prokol kesehatan Covid-19,” pesannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Balangan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas Pariwisata Kalsel yang telah melaksanakan kegiatan ini.

Dalam kesempatan itu Kadis menyampaikan, nantinya diharapkan di segala Obyek wisata di Balangan dapat menerapkan Sapta Pesona.

“InsyaAllah Pasar Budaya Racah Mampulang terus kami bina agar pergelarannya bisa kembali dilaksanakan,” imbuhnya.

Kadis juga menambahkan, di lokasi pasar budaya ini tepatnya di Desa Balida. Yang mana Desa Balida merupakan Kampung Tangguh Banua yang memiliki wisata seni budaya dan kuliner tradisional. Beberapa waktu lalu Kampung Tangguh Banua Desa Balida meraih juara tiga tingkat Kabupaten Balangan.

“Hal ini tidak terlepas dari adanya sadar wisata. Artinya, pihak pengelola dapat memberikan pelayanan yang baik terhadap tamu yang datang berkunjung,” ceritanya.

Pemerintah daerah berjanji akan mendukung peningkatan di sektor wisata. Sehingga mampu meningkatkan PAD Desa itu sendiri.

Komentar

Postingan Populer