Alamat Kami : Jalan Gunung Pandau Desa Balida Rt. 01

Kemeriahan Tujuh Belasan Desa Balida Kecamatan Paringin Kabupaten Balangan

Desa Balida - Perayaan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia atau yang kerap disebut acara tujuh belasan di Desa Balida, Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan, berjalan meriah.

Kepala Desa Balida Sahridin, mengatakan, acara tujuh belasan merupakan salah satu kegiatan tahunan yang selalu digelar di desa itu. Kegiatan tujuh belasan terdiri dari berbagai lomba yang dapat diikuti semua lapisan masyarakat,mulai dari ibu-ibu, bapak-bapak, remaja, hingga anak-anak.  

“Setiap tahunnya selalu diadakan lomba tujuh belasan. Lombanya berlangsung sekitar beberapa hari,”kata Sahridin.

Lomba diadakan di lokasi Pasar Budaya Racah Mampulang tempat wisata desa. Perlombaan tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya karena hanya diadakan satu hari saja, itupun hanya diikuti dan diadakan hanya lomba anak-anak. Perlombaan anak-anak meliputi permainan-permainan menyenangkan, seperti kelereng, pecah balon, ngisi jarum dalam botol, balap karung, makan kerupuk, hingga tarik tambang dan main sepak bola dilumpur.

“Tahun-tahun sebelumnya selalu diadakan lomba untuk para ibu-ibu dan bapak-bapak, tapi untuk tahun ini tidak diadakan, mengingat situasi masih rawan di masa pandemi covid,”kata Sahridin.

Menurut Sahridin, lomba tujuh belasan mendapat antusiasme besar dari masyarakat Desa Balida. Hal ini dibuktikan dengan dorongan masyarakat melakukan swasembada dana untuk mendukung kelancaran pelaksanaan perlombaan. Hadiah-hadiah yang dipersembahkan bagi pemenang lomba juga berasal dari permintaan masyarakat. Padahal, memerlukan dana lebih dari dua juta untuk menggelar lomba.

“Sejauh ini dana desa hanya untuk membiayai bendera dan umbul-umbul saja. Untuk perlombaan swasembada dari masyarakat atau dari donatur yang memang sudah memiliki usaha sukses,” tutup Sahridin.

0 komentar:

Posting Komentar