Alamat Kami : Jalan Gunung Pandau Desa Balida Rt. 01

Puskesmas Paringin Gelar Rapid Test di Desa Balida

Desa Balida -- Puskesmas Paringin menggelar kegiatan screening virus corona dengan rapid test massal di Desa Balida, Kecamatan Paringin Kabupaten Balangan, Jumat pagi (10/6/20).

Hj. Aulia A Setiawaty selaku Kepala Puskesmas Paringin Kabupaten Balangan menjelaskan, Puskesmas Paringin beserta tim dari Desa Balida dan Bidan Desa Balida melaksanakan screening rapid test kepada warga desa yang ada hubungan kontak dengan pasein yang postitif corona didesa, bukan hanya itu warga di sekitar Kantor Desa pun dipersilahkan untuk lakukan rapid test.

Kenapa pihaknya memilih di Desa Balida karena  Desa Balida sudah ada yang terpapar positif corona.
"Di Desa Balida sudah ada warga desa yang terpapar positif corona, mudah-mudahan dengan kita lakukan rapid test kita bisa mengetahui apakah betul disini aman atau tidak untuk memberantas mata rantai virus corona di Desa Balida," terangnya Aulia.

Aulia, yang menggenakan Alat Pelindung Diri (APD) melanjutkan, sasaran dari rapid test sebenarnya adalah keluarga pasein yang positif corona-19, kemudian aparat desa selaku pelayan publik, dan siapa saja yang berkenan di test.
"Untuk hari ini kita sudah melakukan rapid test kepada 10 orang baik  keluarga pasein positif covid-19 dan aparat desa, ujar Aulia.

Menurut ............, untuk hasil rapid test bisa ditunggu 15 - 20 menit, kalau hasil reaktif atau positif kita tingkatkan menuju test swab. "Kita akan hubungi lagi bila ada yang reaktif positif untuk dilakukan test swab," ujarnya.

Sementara itu, Sahridin, S.Pd, Kepala Desa Balida mengatakan, kegiatan hari ini salah satunya melakukan screening test yang dilakukan oleh Puskesmas Paringin bekerjasama dengan Relawan Covid Desa, dan juga melakukan monitor masyarakat yang tidak memakai masker.
 "Kegiatan ini dilakukan terkait adanya warga positif covid-19 untuk itu dilakukan rapid test untuk para keluarga pasein. Kegiatan screning test bertujuan untuk memutus mata rantai corona virus di wilayah Desa Balida," ungkap Sahridin.

Menurut Sahridin, yang didampingi Pak Ahmad Ari Wibowo dari Bhabinkamtibmas dan Pak Misran dari Babinsa Koramil Balida bahwa screening test ini baru dilakukan yang pertama kalinya. 

Kemudian untuk kegiatan dalam rangka memutus mata rantai penyebaran covid-19.
"Kami mengimbau kepada masyarakat, khususnya masyarakat Desa Balida untuk selalu mematuhi peraturan protokol kesehatan terutama selalu menggunakan masker bila keluar rumah, cuci tangan memakai sabun di air yang mengalir dan jaga kesehatan " pungkasnya. 
(Admin/MR)




0 komentar:

Posting Komentar