Alamat Kami : Jalan Gunung Pandau Desa Balida Rt. 01

Penyaluran BLT Tahap 2 di Balida Kecamatan Paringin Terapkan Protokol Kesehatan

Desa Balida -- Di saat new normal diberlakukan dalam pandemi Covid-19, Penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) dari Dana Desa, di Kantor Kepala Desa Balida Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan, menerapkan sesuai protokol kesehatan.

Dari fakta dilapangan, satu per satu keluarga penerima manfaat (KPM) BLT Dana Desa wajib memakai masker dan cek suhu sebelum memasuki Kantor Kepala Desa . Kemudian, setiap KPM diberi jarak 1 meter ketika duduk mengantre.

Kepala Desa Balida, Sahridin, S.Pd mengatakan Pemerintah Desa memastikan dalam penyaluran BLT Dana Desa menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Dimana, setiap KPM wajib memakai masker saat mengambil dan menyelesaikan tanda terima BLT yang sudah di sediakan.

"Kemudian, KPM wajib datang sendiri tanpa membawa sanak familinya, termasuk anak. Saat mereka mengantre, KPM wajib duduk dengan jarak 1 meter, selanjutnya setelah KPM di loket, loket pun kami batasi dengan plastik transparan" kata dia, Selasa, 16 Juni 2020.

Sahridin mengatakan pihak desa juga telah menyediakan alat cuci tangan didepan pintu gerbang Kantor Desa. Sehingga, KPM wajib mencuci tangan sebelum memasuki dan keluar Kantor Kepala Desa. Itupun akan di arahkan oleh Satuan Linmas Desa, karena kegiatan tersebut Satlinmas juga diturunkan oleh Kepala Desa untuk mendampingi warga.

"Ya, harus cuci tangan dulu sebelum dan sesudah menerima BLT Dana Desa. Sudah kita siapkan alat cuci tangan di depan Kantor," kata dia.

Sementara itu, Ketua BPD Desa Balida, Parsyah mengatakan dalam penyaluran BLT pihak BPD telah koordinasikan kepada Tim Relawan Covid-19 Desa Balida untuk menerjunkan relawan covid dalam kegiatan tersebut. Dimana, tim relawan covid desa melakukan cek suhu kepada KPM.

 "Setiap harinya ada relawan covid-19 desa yang ditugaskan untuk menjaga posko Covid-19 yang kebetulan juga posko berada di kantor desa. Kemudian, petugas kami bekali APD lengkap," kata dia.

Pembagian BLT Dana Desa tahap dua ini juag di dampingi oleh Bhabinkamtibmas dari Polsek Paringin dan Koramil Paringin serta dari pihak kecamatan paringin turut mendapingi kegiatan tersebut.

Kegiatan pembagian BLT Dana Desa tahap dua ini berjalan dengan tertib dan lancar sesuai protokol kesehatan covid-19. (Admin/MR)

0 komentar:

Posting Komentar