Pasar Budaya Racah Mampulang Selenggarakan Aruh Karasmin Budaya Pahuluan

Desa Balida - Kemeriahan Aruh Karasmin Budaya Pahuluan
nampak dirasakan oleh masyarakat. Ratusan penonton memenuhi lokasi acara kesenian yang diselenggarakan di Pasar Budaya Racah Mampulang, Sabtu (14/12/2019).

Nampak banyak hiburan yang disaksikan dan menjadi daya tarik masyarakat. Terutama tarian daerah yang disuguhkan oleh penari-penari dari sanggar yang ada di desa dan di Sekolah-sekolah.

Acara yang digelar dua sesi tersebut diawali penampilan delapan
sanggar seni. Di antaranya Sanggar Seni Banua Sanggam Junior, SMA 1 Lampihong, Sanggar Patmaraga Juai, Sanggar Barakatan SMAN 1 Paringin, Sanggar Wadian Tambai Halong, Sanggar Baharu SMAN 2 Juai, Sanggar Waluh SMAN 1 Juai, Sanggar Seni Balida Satria Paringin.

Ketua Dewan Kesenian Daerah (DKD) Kabupaten Balangan Husein , Aruh Karasmin Budaya Pahuluan ini merupakan yang pertama
kalinya di selenggarakan. Walaupun event yang pertama tetapi kemeriahannya luarbiasa. Terlebih peserta yang berpartisipasi tak hanya dari Sanggar Seni, melainkan ada yang dari sekolah-sekolah.

Tentunya, antusias penonton dan penggiat seni pada moment itu pun ujar Husin jelas terlihat. Mereka secara sukarela menampilkan seni tarian, baik kreasi maupun tradisional untuk memeriahkan kegiatan.

Ada beberapa kelompok tari dari desa wisata dan sanggar seni di Balangan yang turut terlibat.

"Ini juga sekaligus kesempatan promosi untuk desa dan sanggar tari. Begitupun promosi kesenian daerah," ucap Husin.

Terlebih tambahnya, di Balida telah memiliki wisata baru yang sangat unik yakni Pasar Budaya, yang nantinya pasar budaya menyajikan wisata kuliner tradisional, pertunjukan seni tradisi, permainan tradisional di tambah lagi dengan suasana tempat yang sangat asri dengan keanekaragaman pepohonan buah lokal yang alami.

Sementara itu, Kabag Humas Syaifuddin selaku mewakili Bupati Balangan, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa kesenian merupakan identitas. Sehingga apabila kesenian daerah di jaga maka merupakan identitas bagi masyarakat daerah yang bersangkutan.

“Oleh karena itu maka sudah seharusnya dipertahankan bahkan diperkuat, agar masyarakat tersebut tidak larut dalam identitas global sehingga tidak terlihat di antara belantara kebudayaan dunia yang seragam," ucapnya.

Ia pun berharap, ke depannya semakin banyak event-event yang mengangkat edukasi serta kebudayaan. Hal itu agar anak usia dini bangga terhadap daerahnya sendiri dan juga budaya sendiri.

Acara aruh karasmin budaya pahuluan yang di selenggarakan di pasar budaya desa balida  berjalan dengan sukses. Tentunya kelancaran dan suksesnya acara tersebut tidak lepas dari gigihnya dan dukungan yang sangat maksimal dari Kepala Desa Balida Sahridin. Selain mempersiapkan acara yang akan di gelar karena kebetulan beliau juga pengurus DKD beliau juga memperdayakan masyarakat dengan membuka pasar kuliner.

Begitu pula Ketua Dewan Kesenian Daerah, Husin nampak sangat mengapresiasi segala kegiatan seni budaya untuk mengangkat harkat martabat banua Sanggam.

“Tentunya ini sangat penting dilestarikan, kita bina, dan kita akan kembangkan dimasa yang akan datang,” ucapnya.

Komentar

Postingan Populer