Alamat Kami : Jalan Gunung Pandau Desa Balida Rt. 01

Workshop desa mandiri di kegiatan lasung batu festival

Dalam rangka melaksanakan Program dari Kementrian Desa, Ikatan Alumni Mahasiswa Balangan (IKAMABA) bekerjasama dengan Karang Taruna Desa Lasung Batu Kecamatan Paringin Kabupaten Balanga menyelenggakan Workshop Desa Mandiri dalam agenda tahunan Lasung Batu Festival 2019. Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Sabtu (28/09) di Lapangan Bola Desa Lasung Batu.

Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan, Sdr. Muhammad Saiman dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan
workshop bagi Kepala Desa dan Pengurus Karang Taruna, agar peran pemuda dalam pembangunan desa mandiri lebih bersinergi. Pada kesempatan kali ini akan disampaikan 3 materi, yaitu tentang Peran dan Potensi Pemuda, Pemuda sebagai pilar pembangunan desa dan Pemuda mampu membuka lapangan pekerjaan sendiri di desa.

Lebih dari 20 peserta yang hadir dan secara khidmat menyimak paparan materi dari Narasumber. Pada sesi pertama, paparan
disampaikan oleh Bp.
Muhamnad Hanif Wicaksono (Pelopor Festival Buah Marajai), menyampaikan tentang potensi sekaligus tantangan bagi generasi muda masa kini. Pemuda sekarang tidak hanya harus memiliki kompetensi dan keahlian tetapi juga harus mampu berdaya saing, Mengingat di jaman sekarang, di era global ini, semuanya serba bebas dan terbuka, sehingga harus mampu bersaing. Pemuda juga harus mampu menjaga ideologi dan dasar negara, kesatuan dan persatuan serta selalu memiliki inovasi perkembangan diri.

Pada sesi kedua disampaikan oleh Bp. Firman Yusi (Anggota DPRD Provinsi sekaligus penggiat sosial dan pelopor Tabalong Ethnic
Festival materi yang di sampaikan tentang Workshop Desa Mandiri pada Festival Lasung Batu yang digelar Ikatan Alumni Mahasiswa Balangan ini. Anak muda haruslah mampu menjadi pilar utama dari kemandirian desa.

Pada sesi ketiga, disampaikan oleh Kepala Desa Pojun Kidul dengan cara video conference, beliu menyampaikan beberapa cara bagaimana memberdayakan masyarakat yang mejemuk di lingkungan desa dengan menciptakan lapangan pejerjaan sendiri di wilayah desanya.

Acara workshop desa mandiri ini sangat antusias di sambut peserta, karena di lihat dari menariknya sesi tanya jawab antara peserta dengan narasumber. Sedangkan untuk perwakilan yang menghadiri dari Desa Balida sebanyak 3 orang yaitu satu dari Kepala Desa dan 2 orang dari pengurus karang taruna garuda jaya.

Acara ditutup tepat pukul 12.00 WITA. Karang Taruna Desa Lasung Batu selanjutnya masih akan menyelenggarakan banyak kegiatan di Event Lasung Batu Festival.

0 komentar:

Posting Komentar