Alamat Kami : Jalan Gunung Pandau Desa Balida Rt. 01

Sanggar Seni Meriahkan 1 Januari 2019

Dalam rangka menyambut tahun baru 2019, Sanggar Seni Balida Satria menampilkan
pergelaran orkes dangdut di Desa Balida yang bertempat di pinggir jalan raya Mungkur Jaring (1/1/2019).

Salah satu group dari sanggar Seni  Balida Satria pada hari ini menampilkan pementasan orkes dangdut, selain bertujuan untuk acara memeriahkan tahun baru juga giat tersebut untuk ajang promosi grup orkes yang ada di sanggar seni di balida.

Berbeda dari tahun kemaren, yang mana sanggar seni balida satria pada saat menyambut tahun baru yaitu pementasan silat kuntau. Sebenarnya sanggar seni balida satria bukan hanya menyediakan orkes dangdut dan silat kuntau, tetapi juga ada terdapat kesenian tradisional lainnya seperti musik panting, tari baksa, kuda gepang, wayang gung, wayang kulit dan madihin.

Semua kesenian yang ada di sanggar seni balida satria, siap sedia di tampilkan kalau ada seyugianya para pecinta seni yang mau mengundang, atau siap memenuhi hajatan hiburan seperti ulang tahun, sunatan, resepsi perkawinan dan acara lainnya.

Sanggar seni yang ada di desa balida kedepannya diharapkan akan lebih berkembang, karena kegiatannya didukung dari berbagai pihak, baik dari desa maupun dari pihak perusahaan terdekat seoerti PT. Adaro Indonesia, itu terbukti dengan adanya perlengkapan pendukung seperti alat musik maupun perabut kostum lainnya.
Apalagi di tahun 2018 kemaren telah di bangun gedung khusus kesenian di Desa Balida, sebagai wadah pementasan dan konservasi budaya

Dengan digelarnya orkes dangdut menyambut tahun baru, pengurus sanggar seni Sahridin yang juga sekaligus Kepala Desa Balida berharap keberadaan sanggar semakin eksis nantinya. "Sangat bagus penampilan orkes dangdut dalam menyambut tahun baru, karen ini merupakan ajang promosi ke publik agar sanggar seni balida semakin dikenal masyarakat, dan juga sanggar seni yang mempunyai delapan kesenian tradisional". Ungkap Sahridin yang juga salah satu pengurus Dewan Kesenian Daerah (DKD) Kabupaten Balangan.

1 comment: