Alamat Kami : Jalan Gunung Pandau Desa Balida Rt. 01

Jajaran Direksi Bumdes "Usaha Mulia" Ikuti Pelatihan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa

Balida - Desa Balida mengirim Pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) ke Balai Latihan Masyarakat (Balatmas) Banjarmasin Kalimantan Selatan, untuk mengikuti Pelatihan Pengelola BUMDes dari dua
Kabupaten yakni Balangan dan Tabalong.

Dalam pelatihan selama enam hari ini peserta yang dikirim tiap desa sebanyak 5 orang, yang terdiri dari penasehat selaku Kepala Desa, Direktur, Sekretaris, Bendahara dan Pengawas Bumdes.

Kepala Desa Balida berharap dengan adanya pelatihan ini tentu kedepannya pengurus BUMDes semakin berpengalaman dalam pengembangan usaha "Sehingga, melalui pelatihan ini, kita berharap kemampuan seluruh pengelola BUMDes meningkat, sehingga dana desa yang digelontorkan oleh pemerintah pusat bisa dimanfaatkan secara maksimal," katanya.

Beberapa desa yang mengikuti pelatihan tersebut, yaitu Desa Balida, Desa Dahai Kecamatan Paringin, Desa Binjai Kecamatan
www.garudajayabalida.or.id
Paringin Selatan,  Desa Baramban, Desa Bihara Hilir, Desa Sekuntan Kecamatan Awayan, Desa Halong, Desa Sumber Agung Kecamatan Halong Kabupaten Balangan.

Pelaksanaan pelatihan dilakukan selama enam hari yang dimulai sejak 18 - 23 Januari, dengan tujuan memberikan pelatihan cara pengelolaan badan usaha milik desa atau BUMDes secara profesional.

"Pelatihan ini dilakukan untuk meningkatkan Bumdes di daerah, karena selama ini masih banyak ditemukan kesulitan dalam pengelolaan Bumdes, karena banyaknya dana yang disalurkan oleh pemerintah pusat ke desa," kata Kepala BALATMAS dalam sambutannya saat pembukaan.

Menurut dia, dana desa yang nilainya cukup besar tersebut, jangan sampai pemanfaatannya salah sasaran, yang akhirnya akan memberikan masyalah baru bagi desa.

Pelatihan selama enam hari tersebut, para peserta akan diberikan bekal pelatihan terkait prioritas dana desa tahun 2019, sebagai upaya membangun Indonesia dari pinggiran atau pedesaan, seperti bagaiman cara mengelola dana desa, pembentukan badan usaha milik desa, pengembangan Bumdes terkait pengembangan infestasi, permodalan dan menjalin kerja sama dengan pihak ketiga.

Pelatihan yang diberikan meliputi pelatihan pengelolaan Bumdes yaitu angkatan satu dan angkatan dua, masing - masing angkatan berjumlah 40 orang peserta. Sedangkan angkatan dua yaitu peserta dari Kabupaten Tabalong.

0 komentar:

Post a Comment