Alamat Kami : Jalan Gunung Pandau Desa Balida Rt. 01

Karang Taruna Membuat Pupuk Organik

        Balida - Karang Taruna Garuda Jaya Desa
Balida bekerja sama dengan Perkumpulan
Pusaka Tabalong, telah melaksanakan Kegiatan Gerakan Rumah Tangga Berkebun Organik (Gemah Tabur), yang kegiatannya di support/dukungan oleh PT. Adaro Indonesia yang pembukaan kegiatan dilaksanakan bertembat di gedung balai rakyat desa balida, Sabtu, (20/10).
Ada hal menarik pada kesempatan ini, karena peserta langsung bertemu dengan Firman Yusi
selaku narasumber yang sebelumnya sudah kurang lebih 3 tahun bersama sama perkumpulan menerapkan rumah tangga berkebun organik di derah tabalong.

Pada kesempatan ini Firman Yusi dan kawan-kawan memberikan pemaparan perihal apa
itu Gerakan Rumah Tangga Berkebun Organik sekaligus juga memberikan motivasi pada petani-petani yang hadir dari perwakilan kelompok tani di wilayah desa balida. Secara seksama,  petani petani setempat terlihat respon dan bersemangat dalam menyimak pemateri.

Pada pertemuan pertama ini tentunya lebih banyak teori sebelum ke lapangan, dan tanya jawab sekitar pembuatan pupuk organik. Sehingga peserta dituntut untuk menyiapkan bahan-bahan seperti kotoran ayam/sapi, sekam padi, dedak, gula merah dan bahan lainnya seperti sampah organik yg cepat hancur.

"Kami berharap tindak lanjut dari pertemuan ini,  bisa dilakukan secara berkesinambungan untuk waktu waktu yang akan datang,  sehingga petani bisa merasakan betul manfaatnya", ujar Saipullah selaku ketua Kelompok Tani Desa Balida.

0 komentar:

Post a Comment