Alamat Kami : Jalan Gunung Pandau Desa Balida Rt. 01

Gelar Pelatihan Tata Boga, Karang Taruna Desa Balida dari Program CSR Bina Desa

Balida - Organisasi kepemudaan Karang Taruna Desa Balida Kecamatan Paringin Kabupaten Balangan, menyelenggarakan program kegiatan Pelatihan di bidang Tata Boga yang diikuti sekitar 15 ibu rumah tangga warga desa, di gedung balai rakyat Desa Balida Selasa, 25/09/2018.
Dituturkan Elma Dwiyanti selaku wakil ketua Karang Taruna Garuda Jaya Desa Balida, tujuan dari kegiatan ini adalah guna meningkatkan kehalian masyarakat  dalam upaya  mewujudkan kemandirian dan

"Ini salah satu upaya kita untuk meningkatkan keterampilan masyarakat. Kita berharap nantinya ibu-ibu ini bisa membantu meningkatkan ekonomi Keluarga" terangnya.

Menurut Elma, setelah para ibu-ibu rumah tangga ini mumpuni keahliannya dan mau membuka usaha sendiri, maka pihaknya pun mengaku siap untuk membantu memasarkan hasil kreatifitasnya tersebut.

"Kalu sudah bisa dan mau usaha sendiri, maka kita (Karang Taruna), siap memfasilitasi sekaligus memasarkan hasil kreatifitasnya" tambahnya. Seperti contoh kemarin di saat mengikuti Kemah Karya Bakti Wisata ke-30  di Balangan. Selain mengikuti lomba Usaha Ekonomi Produktif (UEP) pastinya sambil memasarkan hasil produk rumah tangga, seperti akar pinang, makaroni pedas, keripik singkong dan lainnya hasil binaan karang taruna.

Dalam pelatihan yang digelar selama 4 kali pertemuan ke depan, yang mana pertemuan selama 3 jam ini, ibu-ibu tersebut diajarkan mengolah dan menghias kue untuk pengantin dan makanan ringan, seperti batagor, kacang kentuky, dan sebagainya.


Sahridin selaku Kepala Desa Balida menuturkan bahwa, Program CSR Bina Desa dari PT. Adaro Indonesia akan di manfaatkan semaksimal mungkin demi kemajuan kreatifitas ibu rumah tangga.
Apalagi pelatihan yang di isi dengan pembuatan kue pengantin yang pastinya banyak peminat dan dibutuhkan saat resepsi pengantin.

"Selama ini kan tiap ada acara resepsi pengantin kuenya selalu membeli ke luar desa nah kalau sudah ada yang bisa bikin di desa tentu akan lebih mudah dan akan menambah pendapatan usaha rumah tangga." terang dia.

kewirausahaan di bidang tata boga, sehingga menurutnya, para ibu rumah tangga ini nantinya dapat membantu meningkatkan ekonomi keluarga.

0 komentar:

Post a Comment