Alamat Kami : Jalan Gunung Pandau Desa Balida Rt. 01

Menabur Bibit Hijau di lingkungan Sekitar

Pertemuan Awal Rencana Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik dari 3 Organisasi Kepemudaan

Kelangkaan pupuk bersubsidi atau harga pupuk tinggi merupakan awal adanya kiat mengadakan pelatihan pembuatan pupuk organik dari 3 organisasi kepemudaan dari 3 desa di Kabupaten Balangan, yakni Karang Taruna Garuda Jaya Desa Balida, Karang Taruna Desa Buntu Karau dan FKH Malingai Citra Permai dari Desa Inan.

Kegiatan pelatihan yang di selenggarakan ketiga organisasi tersebut akan di laksanakan akhir Agustus bulan ini di masing-masing desa sesuai domisili organisasi.

Adapun kegiatan pelatihan ini di dukung oleh PT. Adaro Indonesia Bidang Lingkungan, dengan narasumber dari Perkumpulan Pusaka Kabupaten Tabalong.

Dalam arahan dari narasumber saat pertemuan awal kemaren mengatakan “Yang bisa kami pastikan saat praktek pelatihan nanti adalah pembuatan pupuk ini menggunakan bahan dan alat yang mudah dicari, murah, dan sudah disiapkan oleh alam di sekitar kita. Sehingga tidak ada alasan lagi untuk tidak membuat pupuk kompos dan POC ini,” ucap Firman Yusi, Koordinator Tim Perkumpulan Pusaka dalam sambutannya.

Pelatihan nantinya diadakan di tiga tempat, yaitu Desa Balida, Desa Buntu Karau, dan Desa Inan. Saat pertemuan awal antusiasme peserta terlihat dari aktifnya peserta dalam tanya jawab dan diskusi dengan pemateri. “kita ambil contoh di pulau jawa, petani itu belajar manajemen juga, manajemen usaha tani namanya. Jadi mereka selalu memiliki panen untuk dijual. Ada waktu istirahat juga untuk mengembalikan unsur hara tanah dengan diberikan pupuk kandang, kompos dan pupuk organik lainnya. Itulah yang harus bisa belajar di sini,” ceritadalam sambutannya.

Kedepannya diharapkan program pembuatan kompos dan Pupuk Organik mulai digalakkan agar masyarakat bisa mendapatkan akses kompos dan Pupuk Organik lebih mudah.

1 comment: