BUM Desa Balida Mewakili Kabupaten Balangan dalam Lomba BUM Desa Terbaik Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan


Desa Balida
- Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) Usaha Mulia Desa Balida Kecamatan Paringin Menjadi satu-satunya BUM Desa di Kabupaten Balangan yang mengikuti Penilaian BUM Desa Terbaik Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2024. Senin, 13/05/2024.

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Usaha Mulia Desa Balida Kecamatan Paringin menjadi satu-satunya BUMDes yang mengikuti Penilaian BUMDes Terbaik Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2024. Tidak hanya Kabupaten Balangan, kabupaten lain juga ikut penilaian tersebut. Kepala Bidang Pengembangan Ekonomi Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammad Agus Pariadi, mengatakan ada sejumlah aspek penilaian BUMDes kali ini. "Ada beberapa aspek yang kita nilai, yang terutama keberhasilan BUMDesnya dalam memanfaatkan potensi Desa untuk menyumbang PAD, tetapi dibuktikan dengan dokumen administrasi dan laporan keuangan yang benar" kata Agus.

Ia melanjutkan, terkait penilaian BUMDes di Desa Balida sangat memuaskan, terlihat dari gejulak ekonomi yang ada dengan memanfaatkan potensi wisata yang ada. Seperti wisata budaya, wisata kerajinan dan wisata alam.  Sehingga dengan penilaian ini, diharapkan BUMDes Usaha Mulia Desa Balida dapat terpilih menjadi wakil terbaik dari Provinsi Kalimantan Selatan.

Sementara itu Kepala Bidang Kelembagaan Ekonomi Masyarakat Desa Kabupaten Balangan, Hakim, Sangat berterimakasih atas terpilihnya BUMDes Usaha Mulia Desa Balida untuk mewakili balangan ke tingkat provinsi. "Kepala Dinas mengucapkan terimakasih dan penghargaan terutama kepala tim penilai lomba BUMDes terbaik tingkat Provinsi Kalimantan Selatan, dimana tahun ini Alhamdulillah yang terbaik di Kabupaten Balangan yaitu BUMDes Usaha Mulia Desa Balida, harapannya semoga juga terbaik di Kalimantan Selatan". 

Adapun kedatangan tim penilai dari provinsi, yaitu langsung ke tempat salah satu unit usaha BUM Desa Balida yaitu Wisata Pasar Budaya Racah Mampulang. Dimana wisata ini menyajikan berbagai kuliner tradisional, seni tradisi, permainan tradisional dan keunikan berbelanja memakai koin racah (terbuat dari kayu).













Komentar

Postingan Populer