Perhutani Bersama Pemdes Balida dan Satlinmas Tanam Pohon di Mungkur Jaring Balida

 



Desa Balida (22/12/2023) | Perhutani Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Balangan bersama dengan Pemerintahan Desa Balida, Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan dan Satlinmas Desa, Pokdarwis serta Karang Taruna Desa Balida mengadakan kegiatan gerakan tanam bersama di lokasi Mungkur Jaring dengan Tema ‘Menanam dalam Mendukung Revolusi Hijau’, Bertempat di perbatasan desa Mungkur Jaring RT.01 Desa Balida, Jumat (22/12).

Kegiatan tersebut terselenggara berkat kerjasama antara Perhutani dengan Kepala Desa Balida, Babinsa, Bhabinkamtibmas beserta Satlinmas Desa, Pokdarwis serta Karang Taruna dengan melakukan penanaman sebanyak 500 bibit pohon jenis Jengkol, Durian, Asam Mangga, dan jenis pohon Ketapang, Minyak Kayu Putih, Palem.

Kepala Desa Balida, Sahridin, menyampaikan ucapkan terima kasih serta memberikan apresiasi kepada Pemerintah Desa Balida dan KPH Balangan serta Komunitas Penggiat Lingkungan di Desa Balida yang sangat peduli akan kelestarian lingkungan yang dengan gencar terus mengadakan penanaman bersama baik di dalam kawasan Wisata Racah Mampulang maupun di luar wisata.

“Sesuai dengan tema ‘Menanam dalam Mendukung Revolusi Hijau’, semoga dengan adanya kolaborasi ini bisa tumbuh dengan baik dan subur untuk menghasilkan  oksigen sehingga bermanfaat untuk kita semua termasuk makhluk hidup yang lainnya yang ada di kawasan desa balida itu sendiri,” ungkapnya.

Sementara itu M. Emir Faisal, yang mewakili KPH Balangan dalam amanatnya menuturkan bahwa lahan yang sudah ditanami agar selalu dipelihara dan dirawat.

“Jika ada pohon yang mati agar segera disulam kembali dan penanaman pohon bersama ini bukan hanya sebatas seremonial saja tetapi harus dibudayakan,” ujarnya.

Penanaman pohon di area Mungkur Jaring ini juga nantinya akan berintegrasi dengan Wisata Racah Mampulang di Desa Balida.

Komentar

Postingan Populer