Program Pengabdian Masyarakat oleh IPB University di Desa Balida Kabupaten Balangan


 

Desa Balida - Sebanyak tiga mahasiswa IPB University melakukan observasi desa dan pengembangan ekowisata berbasis bambu desa di Desa Balida, Kabupaten Balangan, Kalsel melalui Program One Village One CEO (OVOC). Tiga mahasiswa IPB University tersebut terdiri dari Departemen Fakultas Kehutanan atas nama Agung Nugroho, Manajemen Pertanian atas nama Nada M  dan Manajemen Bisnis atas nama Diva N.

Program One Village One CEO (OVOC) merupakan program yang diinisiasi oleh Direktorat Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir IPB University. Program ini bertujuan sebagai pembelajaran bagaimana membentuk ekosistem bisnis pedesaan berbasis produk unggulan desa (Prukades).
 

Agung menjelaskan, Desa Balida merupakan desa yang terletak tidak jauh dari pusat kota kabupaten yang tentunya sangat berputensi untuk menambah daya tarik pengunjung. Dengan demikian, diperlukan effort lebih terkait observasi potensi desa maupun pengembangan potensi desa.

Mahasiswa IPB University itu menyebut, potensi desa berupa ekowisata budaya berbasis bambu. Namun demikian, masih sangat sulit untuk dikembangkan mengingat minimnya pengrajin bambu belum memadai di desa balida serta sarana prasarana lainnya yang belum memadai.

Sahridin, selaku kepala Desa Balida menyebutkan bahwa sebagian masyarakat di desa diberdayakan dan terlibat ketika diadakan pergelaran pasar budaya racah mampulang. 

Berdasarkan potensi yang ada, tim OVOC IPB University memberikan pelatihan mengenai produk kerajinan dari bambu dan pengelolaan wisata di desa.

Komentar

Postingan Populer