PELATIHAN PENINGKATAN COMMUNITY TOURISME KEPADA POKDARWIS RANCAH MAMPULANG DI DESA BALIDA KECAMATAN PARINGIN KABUPATEN BALANGAN

 


Desa Balida - Universitas Lambung Mangkurat (ULM) mengoptimalkan potensi ekonomi di Wisata Pasar Budaya Racah Mampulang Desa Balida, Paringin, Balangan, Kalimantan Selatan, melalui pelatihan peningkatan community tourisme melalui konsep 4A+I bagi anggota kelompok sadar wisata (Pokdarwis) pada masyarakat setempat.



"Kami menyampaikan materi mengenai konsep desa wisata sebagai satu kesatuan ekosistem yang terintegrasi mengenai bagaimana desa mengeksplorasi keunikan, kelebihan serta melihat kekurangan untuk menjadi kekuatan atraksi sebagai desa wisata," kata Dr.Fahrianoor, narasumber dari tim dosen wajib mengabdi dari ULM di Banjarmasin, Rabu, (26/07).

Materi yang disampaikan dalam Pelatihan tersebut sangat antusias diikuti oleh peserta pokdarwis Desa Balida, itu terlihat ketika sesi tanya tawab narasumber dan peserta di racah mampulang. 

Selain itu, narasumber selaku peserta pelatihan pengabdian masyarakat dari dua dosen ULM, Dr. Fahriannor, M.Si, dan Muhammad Nizar Hidayat, S.IP M.A memberikat kiat-kiat kreatif bagaimana cara menarik pengunjung agar selalu datang ke tempat wisata di desa.

Wisata Pasar Budaya Racah Mampulang terletak di Desa Balida, Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan.
 


Area Lingkungan Wisata Pasar Budaya Racah Mampulang tertata rapi dan lingkungannya terlihat bersih dan asri terlihat keindahan jembatan bambu di tengah sawah yang menghijau.

Wisata Pasar Budaya Racah Mampulang bisa dinikmati wisatawan mulai Pergelaran Pasar Budaya yang diselenggarakan setiap satu bulan sekali. Dengan kunsep pergelaran pasar budaya menyajikan berbagai kuliner tradisional banjar pahuluan. Dengan keunikan transaksi memakai koin racah yang terbuat dari kayu. Pengunjung sebelum memasuki area pasar budaya maka wajib menukarkan uangnya dengan koin racah tersebut. Adapun nilai koin racah, yang berbentuk persegi bernilai seribu rupiah yang berbentuk bondar bernilai lima ribu rupiah. Selain berbelanja kuliner pengunjung juga dapat menyaksikan berbagai pergelaran kesenian tradisional seperti, musik panting, kuntau, kuda gepang, madihin dan tari tradisional lainnya.
 

Wisata Pasar Budaya Racah Mampulang prestasi membanggakan sebagai Peringkat ke tiga Desa Brilian se-Kalsel Program Bank BRI Tahun 2022. Kategori urutan 25 Desa Brilian dari 555 Desa Tingkat Nasional Program Desa Brilian Bach 3.














Komentar

Postingan Populer