SATLINMAS Desa Lakukan Giat Bersih-bersih di Wisata Pasar Budaya Racah Mampulang

 


 

Desa Balida - Satuan Perlindungan Masyarakat atau sering kita sebut dengan Satlitmas atau yang lebih kita kenal dengan nama Linmas/Hansip merupakan warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana dan lain-lain.

Sedangkan, pengertian Satlinmas secara lengkap seperti apa yang tertuang dalam pasal 1 ayat 3 Permendagri 84/2014 adalah Organisasi yang dibentuk oleh pemerintah Desa/Kelurahan dan beranggotakan warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan

Kebersihan lingkungan di area tugas Anggota Satlinmas juga sangat penting di perhatikan, Pemerintah Desa Balida Kecamatan Paringin Kabupaten Balangan mengadakan kegiatan bersih-bersih desa. Kegiatan digelar di Wisata Pasar Budaya Racah Mampulang Desa Balida. Kegiatan di mulai pukul 09.00.Wib sampai dengan pukul 11.00 Wita, Selasa 19/04/2022.

Kegiatan bersih-bersih ini diikuti oleh 15 personil LINMAS Desa Balida yang di dampingi oleh Babinsa Koramil Paringin Serda Misran bersama Bhabinkamtibmas Aiptu Ahmad Ari Wibowo.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengoptimalisasi keberadaan linmas di tengah-tengah masyarakat terutama pada wisata pasar budaya racah mampulang. Linmas diharapakan mampu melakukan pendekatan yang persuasif, edukatif dan parsitipatif dalam masyarakat.

Salah satu tugas pokok dan fungsi linmas saat penanggulangan bencana harus mampu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, Satuan Linmas harus mampu menjadi pelopor dan penggerak pengamanan swakarsa di tengah-tengah masyarakat, Linmas juga didorong untuk membaur dengan kelompok-kelompok masyarakat guna menciptakan situasi tertib, tentram dan aman di wilayah desa.

Kepala Desa Balida, Sahridin, tinjau langsung dalam giat tersebut ia mengatakan bahwa indikator suksesnya keberadaan linmas desa adalah, meningkatnya kesadaran kebersihan lingkungan selain  kualitas SDM Linmas. Selain itu, diharapkan peran serta Linmas, meningkatnya ketahanan masyarakat yang demokratis, meningkatnya kesiap-siagaan satuan Linmas dan masyarakat dalam penanggulangan bencana, ketentraman dan ketertiban umum dan meningkatnya kualitas pelayanan dan sumber daya pendukungnya dalam perlindungan masyarakat.

Bhabinkamtibmas Aiptu Ahmad Ari Wibowo menyampaikan,” sinergitas antar TNI POLRI membuat suasana kegiatan lebih kreatif dan interaktif.

Komentar

Postingan Populer