Ketua DPRD dan Anggota Komisi II Kabupaten Batola Kunjungi Desa Wisata Pasar Budaya Racah Mampulang di Desa Balida

 


Desa Balida - Ketua DPRD dan Ketua serta Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Baritokuala (Batola) sambangi Wisata Pasar Budaya Racah Mampulang di Desa Balida, Kecamatan Paringin, Jumat (15/10/2021).

Dalam kunjungan kerja ini, anggota legislatif bersama pengelola Wisata Pasar Budaya Racah Mampulang berupaya berbagi pengalaman dalam pengelolaan Wisata Budaya Kreatif melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).


Saleh, Ketua DPRD Batola menyampaikan saat sambutannya, merasa bangga dapat berkunjung langsung ke tempat Wisata Pasar Budaya Racah Mampulang yang dengungnya sudah sampai ke Kabupaten Batola dan saat ini sudah mulai familiar di telinga masyarakat.

Pasar Budaya Racah Mampulang di nilai sangat kreatif, dikarenakan walaupun tidak ada unsur alamnya seperti gunung batu, air terjun, maupun sungai, tetapi masyarakat Desa Balida sangat kreatif. Karena bisa memanfaatkan sawah dan kebun buah menjadi tempat wisata budaya di desa.

"kami sangat mengapresiasi pengelolaan wisata ini, yang dapat menjalankan wisata kreatif ditengah pandemi covid-19 sehingga dapat selalu memberdayakan warga di sekitar wisata," terangnya.

Diungkapkan Kepala Desa Balida, Sahridin, Wisata Pasar Budaya Racah Mampulang merupakan kolaborasi antara BUMDes Usaha Mulia Desa Balida, CSR PT. Adaro Indonesia, pemerintah desa dan Pokdarwis desa setempat.

"Jika ingin terwujud pengembangannya, maka kita harus saling kerja sama segala pihak," ucap Sahridin.

Masih dari penuturan Sahridin, saat ini tengah berjalan proses pengembangan wisata pasar budaya racah mampulang seperti Outbond Edukatif dan Permainan Partisipatif.

Mengenai atraksi, di wisata pasar budaya racah mampulang sendiri memiliki konservasi berbagai jenis bambu dan pohon buah endemik. Sedangkan untuk pengembangan kesenian tradisional berupa kuntau, madihin, kuda gepang, wayang gung, dan musik panting. 
 








Komentar

Postingan Populer