Agenda Temu Kenal Desa, bersama Daya Desa dengan Pemdes Balida Beserta Lembaga Lainnya di Wisata Pasar Budaya Racah Mampulang


 

Desa Balida - Saat ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan program pemajuan kebudayaan desa tahun 2021. Pemajuan kebudayaan desa merupakan platform kerja bersama membangun desa mandiri melalui peningkatan ketahanan budaya dan kontribusi budaya desa di tengah peradaban dunia.



Tahun 2021 ini, ditargetkan sebanyak 359 desa yang mengikuti platform pemajuan kebudayaan desa yang akan dilaksanakan melalui dua kegiatan, yaitu pengembangan masyarakat serta jendela budaya desaku. terang Direktur Jenderal Kebudayaan, Kemendikbud, Hilmar Farid dalam taklimat media daring, Selasa (13/4)


Desa Balida ditunjuk sebagai salah satu dari tiga desa di Kabupaten Balangan sebagai Desa Pemajuan Kebudayaan. Adapu tiga desa tersebut yaitu Desa Balida Kecamatan Paringin, Desa Halong dan Desa Liyu Kecamatan Halong. Adapun mekanisme pelaksanaan di lapangan, pendamping kebudayaan desa (Daya Desa) Kemendikbud dan pendamping desa Kemendes PDTT akan bekerja sama dalam peningkatan peran masyarakat dalam program pemberdayaan masyarakat, penyusunan kebijakan desa serta peningkatan kapasitas dan akuntabilitas pemerintah desa.

Sebagai panduan daya desa di lapangan, lanjutnya, saat ini sedang disusun pedoman pemberdayaan masyarakat desa yang berisi tentang konsep kegiatan pemberdayaan masyarakat berbasis kebudayaan dengan mengedepankan peran parsitipatif masyarakat. 
 
Lebih lanjut dikatakan, program pemajuan kebudayaan desa tahun 2021 dilaksanakan melalui tiga tahapan, yaitu Temu Kenali Potensi (Mei sampain Juni), Pengembangan (Juni sampai Agustus), dan Pemanfaatan (Agustus sampai November).
 
Sebagai upaya sosialisasi program pemajuan kebudayaan desa, Direktorat Jenderal Kebudayaan melaksanakan lomba cerita budaya desaku. Melalui lomba tersebut kata Hilmar, peserta diharapkan menceritakan kembali kekayaan yang dimiliki desa melalui cerita rakyat, dongeng, sejarah asal usul desa, kesenian, cagar budaya, tradisi dan lainnya. Peserta lomba merupakan komunitas atau kelompok yang berada di desa. Untu Desa Balida sudah mengikuti lomba cerita budaya sejak tahun 2020.

Mereka diharapkan menjadi penggerak di masing-masing desa untuk bersama-sama seluruh warga desa memertahankan rasa memiliki akan budaya lokal.

Adapun kegiatan hari ini, adalah sosialisasi pengenalan kegiatan Daya Desa dan Daya Warga di Desa Balida. Acara dihadiri oleh Kepala Desa, Anggota BPD Desa Balida, PKK, Karang Taruna dan Kader Desa Lainnya.

Komentar

Postingan Populer