Kapolres Balangan Berkunjung ke Kampung Tangguh Banua Desa Balida Kecamatan Paringin

Desa Balida – Desa Balida Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan menjadi Kampung Tangguh 'Banua' dan tanggap pandemi covid-19. Pada Selasa (9/6/2020) Kapolres Balangan AKBP Nur Khamid, SH, S.IK. didampingi Kapolsek Paringin Ipda Eko Budi Mulyuno, berkunjung ke Balida dan diterima Kepala Desa Sahridin, S.Pd.

Kades Balida, Sahridin, menjelaskan bahwa Kampung Tangguh Banua yang merupakan program dari Polda Kalsel tersebut mendapat dukungan penuh Badan Permusyawaran Desa (BPD) dan masyarakat Desa Balida. Diantaranya soal anggaran penanganan Covid-19 di Desa Balida menggunakan Dana Desa.

“Pemdes Balida yang didukung BPD dan masyarakat dengan adanya Kampung Tangguh Banua. Anggaran Dana Desa untuk penanganan pencegahan penyebaran covid-19 secara mandiri kepada warga salah satunya BLT, selain itu juga, pembagian wastafel portable bagi warga yang belum memiliki untuk digunakan di depan rumah, penyemprotan disinfektan juga dijadwalkan secara rutin,” tuturnya.

Kapolres Balangan Nur Khamid, SH, S.IK. menjelaskan adanya instruksi dari Kapolda Kalsel kepada seluruh Kapolres/Kapolresta yang ada di jajaran Polda Kalsel diperintahkan untuk benar – benar serius membantu pemerintah daerah dalam menanggani Covid-19. Polres Balangan kemudian membentuk Kampung Tangguh Banua di Desa Balida sebagai icon di wilayah Kecamatan Paringin. “Kami dari TNI-Polri ingin melihat dari segi kesiapan dan sarana prasarana yang diperuntukkan sebagai titik terdepan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di tingkat desa,” kata Kapolres.

Dibentuknya Kampung Tangguh Banua ini, sebagai upaya mandiri dari Pemerintah Desa dan masyarakat dalam mengelola lingkunganya guna mencegah dan mengatasi Covid-19. Kampung Tangguh Banua ada standarisasi yakni setiap warga yang keluar masuk desa dilakukan pemeriksaan suhu tubuh, Lumbung pangan desa juga dimanfaatkan sebagai cadangan pasokan makanan jika kondisi darurat.

Standar lainnya, ada ruang informasi Covid-19, dapur umum, personil Keamanan, tempat ruang Isolasi, tempat cuci tangan, dan SOP cara penanganan pasien kondisi Covid, sarana angkutan tanggap darurat, Pos kesehatan yang cukup memadai.
“Untuk Desa Balida sudah memenuhi standarisasi Kampung Tangguh Banua. Untuk sarana dan prasarana sudah siap,” tegas Kapolres. 

Kunjungan Kapolres Balangan tersebut selain meninjau kesiapan Desa Balida sebagai kampung tangguh banua, Kapolres Balangan juga menyerahkan bantuan sembako untuk para petugas yang piket di Posko Covid-19 di Desa Balida. (Admin/MR)

Komentar

Postingan Populer