Empat Belas Pengurus PKK Desa di Kecamatan Paringin Kabupaten Balangan Lakukan Study Tiru ke Pujon Kidul Jawa Timur

 


Desa Balida - TP PKK se-Kecamatan Paringin melakukan studi tiru tentang pengelolaan Desa Wisata sekaligus UMKM yang dikelola PKK Desa.

Rombongan TP PKK se-Kecamatan Paringin yang dipimpin Ketua TP PKK Kecamatan Paringin Ny. Gt Sri Rahayu Hudi, mengunjungi langsung desa wisata Pujon Kidul kecamatan Pujon kabupaten Malang, pada Rabu (03/07/24).

Desa dengan potensi dasar pertanian dan peternakan di kawasan perbukitan Malang ini mencuri perhatian publik setelah berhasil meningkatkan kesejahteraan warga melalui kepariwisataan.

Desa wisata yang telah menorehkan prestasi tingkat Nasional hingga Asia ini semula bisa dikatakan desa terbelakang.

Pendapatan Asli Daerah (PAD) di tempat itu hanya berkisar Rp120 juta- Rp300 juta.

Namun melalui wisata, kini telah berubah drastis dengan penerimaan PAD besar hingga Rp 9 miliar pasca covid, sedangkan pada saat sebelum covid bisa meraup pendapatan sebesar Rp 15 miliar hingga Rp 20 miliar per tahun.

Keberhasilan ini karena sektor pariwisata di Pujon Kidul didukung segenap masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Di samping itu, pengelolaan managerial kepariwisataan dikelola oleh Bumdes yang payung hukumnya menjadi bagian tak terpisahkan dengan Pemerintah Desa. 

"Kita kunjungan desa wisata ini yang berkembang dengan baik, rapi, dan bersih. Terutama dalam pengelolaan Wisata, UMKM dan Pengelolaan Sampah. Sampah yang kalau tidak dikelola dengan benar bisa menimbulkan permasalahan lingkungan hidup. Dan ini bisa berhasil atas upaya semua pihak, baik kecamatan, perangkat desa dan masyarakat di desa itu sendiri. Untuk itu akan berusaha kita transformasikan (diaplikasikan) ke wilayah Kecamatan Paringin," kata Ketua TP PKK Kecamatan Paringin Ny. Gt Sri Rahayu Hudi.

Menurut Ny. Gt Sri Rahayu, pihaknya sejauh ini telah berupaya mengedukasi masyarakat dalam mengelola sampah, dimulai dari sampah rumah tangga dengan memilah sampah, namun demikian dirasa memang belum maksimal.

Oleh karenanya dibutuhkan keberanian dan terobosan yang harus dilakukan dari pemerintah desa untuk memajukan wilayahnya.

 Selain itu, acara tersebut juga di hadiri oleh Ketua TP PKK Kabupaten Balangan, Sri Huriyati Hadi dan sekaligus memberikan sambutan dan arahan terkait kegiatan study tiru ke Desa Pujon Kidul. Ketua TP PKK Kabupaten Sri Huriyati Hadi juga menyempatkan untuk mengunjungi salah satu unit usaha BUM Desa yaitu Wisata Sawah.











Komentar

Postingan Populer